Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII Siswa SMP Negeri 2 Barumun Tengah

Main Author: Harahap, Ervyana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3429/1/113300011.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3429/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan matematika pada pembelajaran matematika di kelas. Hal ini disebabkan siswa masih kurang memahami materi matematika yang diajarkan terutama jika materi tersebut dihubungkan dengan soal atau masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, siswa sulit untuk menyatakan situasi masalah ke dalam gambar atau grafik dan siswa kurang mampu mengeluarkan ide-ide atau situasi dari suatu gambar yang diberikan ke dalam model matematika ke bentuk penulisan secara matematika. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengajaran matematika di kelas yaitu dengan menggunakan metode diskusi yang merupakan pembelajaran yang dimulai dengan berfikir melalui bahan (menyimak, mengkritisi, dan alternatif solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi, dan kemudian membuat laporan hasil diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Tengah melalui penerapan pembelajaran dengan metode diskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Tengah tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 34 siswa dengan 16 siswa lai-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal jumlah siswa yang tuntas yaitu 16 siswa dengan persentase ketuntasan 47,06%. Setelah dilaksanakan penerapan metode diskusi terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada setiap pertemuan. Pada tes pertemuan-1 Siklus I jumlah siswa yang tuntas 18 siswa dengan persentase ketuntasan 52,94%. Kemudian pada pertemuan-2 meningkat menjadi 20 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 58,82%. Setelah dilakukan Siklus II pada pertemuan-1 jumlah siswa yang tuntas 26 siswa dengan persentase ketuntasan 76,47% dan pada pertemuan-2 meningkat menjadi 29 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 85,29%. Hal tersebut menunjukkan jumlah siswa yang tuntas telah melebihi setengah dari jumlah siswa yang artinya target pencapaian pada penelitian ini telah diperoleh yaitu paling sedikit 80% maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Barumun Tengah.