Pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Nurhabibah, Nurhabibah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3407/1/08%20310%200019.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3407/
Daftar Isi:
  • Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran harus memiliki kapasitas intelektual, sehingga dalam menyampaikan materi pelajaran mampu memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan baik, dengan kata lain mampu menguasai berbagai macam caracara mengajar, mampu memilih dan menetapkan apa yang tepat digunakan dalam penyampaian materi pelajaran. Pada kenyataannya yang ada di MDA Sipange Godang Kecamatan Sayurmatinggi, cara yang digunakan guru dalam proses pembelajaran belum bisa memberikan pemahaman bagi peserta didik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, apakah bentuk pengajaran guru dalam pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Kecamatan Sayurmatinggi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, ootuk mengetahui bentuk pengajaran Guru dalam pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Kecamatan Sayurmatinggi. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni sesuai dengan apa adanya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dilapangan bahwa pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang merupakan aplikasi dari perencanaan yang telah dibuat oleh guru sebelumnya. Dan pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang belum baik. Termasuklah pelaksanaan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Bentuk pengajaran guru dalam pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Monologis, yaitu guru menyampaikan bahan pelajaran dengan cara berceramah, dan mood mendengar, hal ini tidak berjalan secara kondusif. Proses pembelajaran semuanya ditentukan oleh Guru, siswa hanya dituntut mengikuti pelajaran.