Pengaruh kualitas pelayanan dan reputasi perusahaan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah Sipirok

Main Author: Fahlepi, Ardiansah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/340/1/13%20220%200143.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/340/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan transaksi pada PT. Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah Sipirok pada tahun 2016 mengalami penurunan. Salah satu strategi untuk meningkatkan loyalitas nasabah adalah dengan strategi kualitas pelayanan dan reputasi. Adapun permasalahan yang diteliti yaitu Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Reputasi Perusahaan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan reputasi perusahaan secara simultan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori tentang loyalitas nasabah, teori tentang kualitas pelayanan, dan teori tentang reputasi. Secara umum penelitian ini banyak bersinggungan dengan teori-teori dalam ilmu manajemen pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis uji regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2), signifikansi parsial (uji-t) dan uji signifikasi simultan (uji F). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 94 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling atau sampel kebetulan. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, terdapat pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Hal tersebut diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai R square sebesar 0,51 artinya 51% pengaruh yang signifikan variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas, sedangkan sisanya 49% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan memiliki terhadap loyalitas nasabah, yang dibuktikan dengan nilai bahwa thitung > ttabel (5,220 > 1,290) atau Ha1 diterima. Pada variabel reputasi secara parsial juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah, yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (1,953 > 1,290) Ha2 diterima. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan reputasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah, yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (47,270 > 2,36) maka Ha3 diterima.