Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas di Desa Ingul Jae Kecamatan Tantom Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Pulungan, Nurholilah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3373/1/123100154.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3373/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah Interaksi antara muslim dan non muslim pada masyarakat muslim minoritas. Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diinternalisasikan dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas. Internalisasi nilai-nilai pendidikan akidah dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas. Internalisasi nilai-nilai pendidikan ibadah dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas. Internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas tersebut. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena yang terjadi tentang internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas di Desa Ingul Jae Kecamatan Tantom Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka digunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. yaitu suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang ada pada saat penelitian. Setelah melakukan penelitian, hasil yang diperoleh adalah interakasi muslim dengan non muslim terjalin dengan baik, rukun, dan dami. Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang didinternalisasikan di dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas adalah nilai-nilai pendidikan akidah, ibadah, dan akhlak. Internalisasikan nilai-nilai pendidikan akidah yaitu dengan menggunakan metode tanya jawab, materi yang disampaikan ialah iman kepada Allah dan Rasul. Internalisasian nilai-nilai pendidikan ibadah orangtua menggunakan metode ceramah dan keteladanan. Sedangkan pendidikan nilai-nilai akhlak para orangtua menginternalisasikannya dengan cara memberikan nasehat dan dengan menggunakan metode keteladanan. Akan tetapi pada umumnya para orangtua dalam menginternalisasikan nilai-nilai akidah, ibadah, dan akhlak dengan menyekolahkan dan memasukkan anak-anaknya ke pengajian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas di Desa Ingul Jae masih rendah. Disebabkan kesibukan orangtua dalam bekerja.