Pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan nasabah memilih tabungan investa cendekia pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sibolga
Main Author: | Hutauruk, Elfa Winda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3314/1/1540100016.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3314/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya nasabah yang tidak mengetahui secara spesifik produk tabungan investa cendekia, yang dimana dapat menyebabkan nasabah tidak memilih produk tabungan investa cendekia dalam pengambilan keputusannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah memilih tabungan investa cendekia pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sibolga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan nasabah memilih tabungan investa cendekia pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Sibolga. Pembahasan ini berkaitan dengan keputusan, produk, harga, promosi, dan pegawai. Keputusan adalah pemilihan diantara alternatif-alternatif yang mengandung tiga pengertian yaitu ada pilihan atas dasar logika atau pertimbangan, ada beberapa alternatif yang harus dan pilih salah satu yang terbaik, dan ada tujuan yang ingin dicapai, dan keputusan ini makin mendekatkan pada tujuan tersebut. Produk adalah sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian untuk dibeli, untuk digunakan atau dikonsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan. Harga adalah sejumlah uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah produk tertentu atau kombinasi antara barang dan jasa. Promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian menjadi senang lalu membeli produk tersebut. Pegawai adalah semua pelaku yang memainkan peranan dan penyajian jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sumber data adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dengan jumlah sampel 26 responden dengan teknik pengukuran sampel menggunakan rumus Suharsimi Arikunto. Teknik analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, uji multikolenearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji linear berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi, uji t, uji F. Proses pengolahan data dibantu dengan software SPSS versi 23. Hasil penelitian adalah secara parsial yaitu produk berpengaruh terhadap keputusan nasabah sedangkan harga, promosi, dan pegawai secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Dan secara simultan (Uji F) terdapat pengaruh produk, harga, promosi, dan pegawai terhadap keputusan nasabah