Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas di desa Huta Raja Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Hartati, Widia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3306/1/123100275.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3306/
Daftar Isi:
  • Latar belakang pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan keluarga muslim minoritas di Desa Huta Raja Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan dalam melaksanakan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam keluarganya ditengah-tengah kehidupan dengan masyarakat non-muslim. Berdasarkan hal tersebut terdapat beberapa masalah yang perlu dipecahkan dalam penelitian ini, yaitu: Interaksi antara muslim dan non muslim pada masyarakat muslim minoritas, nilai-nilai pendidikan agama Islam yang diinternalisasikan dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas, Internalisasi pendidikan akidah dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas, Internalisasi pendidikan ibadah dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas, Internalisasi pendidikan akhlak dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas tersebut. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mengetahui fenomena tentang internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas di Desa Huta Raja Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendapatkan data dan informasi dari informan penelitian seperti orangtua, anak, kepala desa, tokoh adat, tokoh agama, dan non-muslim yang tinggal di Desa Huta Raja Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini memanfaatkan observasi, wawancara dan dokumen sebagai instrumen pengumpulan datanya. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan mengolah dan menarik kesimpulan dari data-data dikumpulkan yang diuji dengan teknik penjaminan keabsahan data perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Temuan penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam keluarga pada masyarakat muslim minoritas yakni dalam interaksi masih terjalin dengan rukun dan damai karena hubungan kekeluargaan, sedangkan untuk pelaksanaan pendidikan akidah belum sepenuhnya dapat dilaksanakan oleh keluarga muslim, begitu juga dengan pendidikan ibadah keluarga muslim tergolong baik, sedangkan metode yang digunakan orangtua dengan ceramah, pembiasaan, contoh teladan dan pemberian hadiah. Sedangkan, internalisasi nilai akhlak dilakukan dengan cara pembiasaan, ceramah, contoh teladan dan dengan pemberian nasehat. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam; Keluarga Masyarakat Muslim Minoritas