Pengembangan lintasan belajar siswa dalam pembelajaran segitiga dengan menggunakan pendekatan kontekstual di Kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan
Main Author: | Sitompul, Siti Hartinah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/33/1/14.202%2000068.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/33/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pahamnya siswa terhadap materi segitiga. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami konsep segitiga. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa lintasan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang berkaitan dengan kehidupan nyata siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana validitas dan praktikalitas pengembangan lintasan belajar siswa pada pembelajaran segitiga dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas pengembangan lintasan belajar siswa pada pembelajaran segitiga dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Manfaat penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan atau sumbangan terhadap pelajaran matematika dalam mengembangkan lintasan belajar matematika, khususnya materi segitiga. Penelitian ini berkaitan dengan ilmu matematika. Sehubungan dengan itu, hal yang dibahas adalah lintasan belajar, pembelajaran segitiga, pendekatan kontekstual penelitian terdahulu. Jenis penelitian ini adalah design reseacrh tipe validation study yang bertujuan mengembangkan alur pembelajaran untuk topik tertentu,. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Padangsidimpuan dengan subyek ujicoba produk di kelas VII-3 berjumlah 43 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, observasi, angket dan wawancara serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) lintasan belajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual dikatakan valid dengan nilai 82 dari analisis 3 validator; 2) lintasan belajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual dikatakan praktis dengan nilai 86 dari angket respon siswa, terlaksananya ketujuh komponen pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran dan tertariknya siswa dalam mempelajari segitiga.