Manajemen kelas dan etos kerja guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Murni, Mesra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3257/1/1623100170.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3257/ |
Daftar Isi:
- Fokus penelitian ini tentang manajemen kelas dan etos kerja guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian ini untuk mengetahui tentang manajemen kelas dan etos kerja guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Panyabungan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen kelas, pendekatan manajemen kelas, hambatan-hambatan manajemen kelas, dan etos kerja guru, faktor yang dapat mempengaruhi etos kerja guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Panyabungan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika deskriptif yaitu dengan menggambarkan dan menginterpretasikan objek yang sesuai dengan apa adanya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 3 Panyabungan dapat diketahui bahwa manajemen kelas dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bahwa guru mampu untuk menciptakan kondisi dan situasi belajar mengajar yang kondusif, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih efektif, juga dalam mengelola kelas guru PAI masih memperhatikan kerapian ruang belajar serta penataan tempat duduk siswa. Pendekatan manajemen kelas dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Panyabungan yaitu pendekatan secara internal yang meliputi kepada pengubahan perilaku, pendekatan proses kelompok, dan pendekatan permisif. Hambatan-hambatan dalam manajemen kelas guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Panyabungan yaitu faktor eksternal yaitu kurangnya fasilitas belajar, dan faktor internalnya yaitu kurangnya kepedulian wali murid dan partisipasi masyarakat umum terhadap berlangsungnya proses pembelaajaran pendidikan agama Islam. Etos kerja guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Panyabungan yang dilihat dari kedisiplinan, sikap terhadap pekerjaan, dan kebiasaan-kebiasaan guru PAI dalam bekerja masih berjalan dengan baik. Faktor yang dapat mempengaruhi etos kerja guru dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 3 Panyabungan yaitu faktor lingkungan sekolah dan faktor volume upah guru.