Komitmen kerja guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan efektivitas manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Panyabungan

Main Author: Erniza, Erniza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3254/1/1623100167.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3254/
Daftar Isi:
  • Masalah yang ditemukan pada penelitian ini yang terkait dengan komitmen kerja guru Pendidikan Agama Islam dan peningkatan efektivitas manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Panyabungan, berdasarkan fakta di lapangan bahwa komitmen guru Pendidikan Agama Islam yang belum dapat menggambarkan adanya peningkatan terhadap efektivitas manajemen berbasis sekolah. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komitmen kerja guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan efektivitas manajemen berbasis sekolah, bentuk-bentuk komitmen kerja guru Pendidikan Agama Islam, dan peningkatan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Panyabungan. Untuk menemukan hasil penelitian ini, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Dari berbagai temuan penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut: 1) Guru Pendidikan Agama Islam di sekolah ini memiliki komitmen kerja guru yang sangat berdampak positif terhadap peningkatan efektivitas manajemen berbasis sekolah. Dilihat dari kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan tugasnya dengan baik dan memiliki perasaan keterlibatan akan tugas-tugas pokok yang harus dikerjakan. Dengan komitmen kerja yang dimiliki guru Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan efektivitas manajemen berbasis sekolah. 2) Bentuk-bentuk komitmen kerja guru dalam meningkatkan efektivitas manajemen berbasis sekolah yaitu a) komitmen untuk mencapai pengajaran yang bermutu, b) komitmen terhadap kegiatan-kegiatan akademik sekolah, dan c) komitmen terhadap siswa sebagai individual yang unik. 3) Peningkatan efektivitas manajemen berbasis sekolah dilihat dari ketuntasan program belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di dalam ruangan. Ketuntasan tersebut diperoleh karena adanya komitmen guru dalam melaksanakan tugas, sehingga para guru Pendidikan Agama Islam mampu mempersiapkan secara matang tentang apa saja yang menjadi pendukung berjalan lancarnya proses pembelajaran.