Implementasi pendidikan agama Islam pada siswa autis kelas IV di sekolah luar biasa (SLB) Negeri Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan
Main Author: | Lubis, Nurhidayah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/325/1/12%20310%200192.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/325/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Autis kelas IV di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Angkola Timur”. Pendidik merupakan seorang yang menguasai materi pembelajaran. Tetapi pada kenyataannya guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Angkola Timur tidak memiliki latar belakang Pendidikan Agama Islam oleh sebab itu guru Pendidikan Agama Islam mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi terhadap siswa autis kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar BiasaNegeri Angkola Timur dilihat dari beberapa aspek antara lain: tujuan Pendidikan Agama Islam, karakteristik guru Pendidikan Agama Islam, materi Pendidikan Agama Islam, metode Pendidikan Agama Islam, dan pengevaluasian Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan analisis datanya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati keadaan sekitar dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yakni penelitian yang menggambarkan objek sesuai apa adanya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumen. Adapun responden dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, guru kelas tunarungu, dan orang tua siswa. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Implementasi Pendidikan Agama Islam berdasarkan tujuan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar BiasaNegeri Angkola Timur ialah untuk menjadikan anak berkebutuhan khusus berakhlak mulia dan untuk mendekatkan siswadengan sang pencipta. Sedangkan tujuan berdasarkan materi ialah siswadituntut untuk mampu menyebutkan materi yang dipelajari dan menuliskan materi kembali, berdasarkan karakteristik guru pendidikan Agama Islam ialah guru Pendidikan Agama Islam memiliki akhlak yang baik, penyabar, penyanyang, ramah, dan disiplin, berdasarkan materi Pendidikan Agama Islam ialah materi akidah yaitu rukun Islam, iman kepada rasul, iman kepada malaikat, dan iman kepada kitab-kitab Allah SWT dan syahadatain, materi fikih yaitu gerakan shalat, tata cara berwudu dan tata cara bersuci,materi akhlak yaitu tolong menolong, jujur dan tanggungjawab, materi al-qur’an yaitu surah Al-fatihah dan surah Al- Kautsar, berdasarkan metode pendidikan Agama Islam ialah metode meniru dan juga metode drill, dan pengevaluasian Pendidikan Agama Islam ialah pengevaluasian formatif dan pengevaluasian sumatif.