Problematika pembelajaran membaca Al-Quran siswa madrasah diniyah takmiliyah Nurul Iman Kelurahan Sihitang Padangsidimpuan

Main Author: Sakinah, leni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/324/1/12%20310%200144.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/324/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Problematika Pembelajaran Membaca Al-qur’an siswa MDT Nurul Iman Kelurahan Sihitang Padangsidimpuan”, masalah yang ada dalam penelitian ini adalah apa saja problematika pembelajaran membaca al-quran siswa dan upaya apa yang dilakukan dalam mengatasi problematika pembelajaran membaca al-quran siswa MDT Nurul Iman Kelurahan Sihitang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika apa yang dihadapi siswa, serta upaya apa yang dilakukan guru dalam mengatasi problem pembelajaran membaca alquran siswa MDT Nurul Iman kelurahan sihitang padangsidimpuan. Data yang terkumpul diklasifikasikan kepada data kualitatif. Dan data kualitatif setelah mencermati situasi dan kondisi dalam problematika pembelajaran membaca alquran siswa dan dalam mengumpulkan datanya penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa problematika pembelajaran membaca al-quran siswa MDT Nurul Iman adalah berhubungan dengan tingkat usia dan pengetahuan siswa, problematika yang berhubungan dengan metode dan pengelolaan kelas dan problematika yang berhubungan dengan media dan sumber. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika pembelajaran membaca al-quran siswa adalah dengan membentuk kelompok belajar sesuai dengan tingkat usia dan pengetahuan siswa, dengan menggunakan metode yang bervariasi sesuai dengan pokok bahasan dan menyarankan siswa untuk membawa al-quran dan buku tajwid, guru juga mencari tahu tentang materi yang akan diajarkan