Kerjasama guru dan orangtua dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 1 Linggabayu Kabupaten Mandailing Natal

Main Author: Rangkuti, Noprizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3210/1/12%20310%200069.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3210/
Daftar Isi:
  • Kurangnya kerjasama guru dan orangtua berdampak terhadap tidak baiknya akhlak siswa adalah salah satunya nilai rapor siswa kurang baik, seperti jika ada siswa yang nakal dalam belajar, guru bidang studi jarang sekali melaporkannya kepada orangtua siswa. Karena guru beranggapan bahwa jika ia laporkan berarti dia menganggap kurang mampu dalam membina atau membimbingnya. Padahal kerjasama guru dan orangtua itu sangat penting dalam pembinaan akhlak siswa. Dan rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana kerjasama guru dan orangtua dalam membina akhlak siswa; (2) Apa yang menjadi faktor kendala dan pendukung kerjasama guru dan orangtua di SMP Negeri 1 Linggabayu Kabupaten Mandailing Natal. Adapun tujuan penelitian ini untuk menggambarkan kerjasama guru dan orangtua dalam membina akhlak siswa dan untuk menemukan kendala dan pendukung kerjasama guru dan orangtua. Manfaat penelitian ini agar kepala sekolah, guru, orangtua, siswa dan peneliti mengetahui betapa pentingnya kerjasama dalam pembinaan akhlak. Ruang lingkup teori-teori penelitian ini sebagai pendekatan dalam penelitian, antara lain; pengertian kerjasama, urgensi, jenis dan kegiatan kerjasama guru dan orang tua, tujuan, kendala dan pendukung kerjasama guru dan orangtua, macam-macam akhlak, faktor yang mempengaruhi akhlak siswa dan pembinaan akhlak siswa, penelitian yang relevan dan kerangka berpikir. Penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan salah satu metode deskriptif, dengan instrumen pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dan pengolahan datanya adalah secara kualitatif. Hasil penelitian ini 1) Kerjasama yang dilakukan oleh guru dan orangtua diantaranya adalah guru dan orangtua saling memberikan informasi, mengadakan surat antara sekolah dan keluarga, saling kunjung mengunjungi antara guru dan orangtua, adanya daftar nilai atau raport. 2) yang menjadi kendala kerjasama guru dan orangtua, yaitu kesibukan orangtua dalam mencari nafkah, kehidupan keluarga yang tidak harmonis, pendidikan orangtua yang rendah. Sedangkan pendukung kerjasama guru dan orangtua adalah tempat tinggal guru dan orangtua siswa yang berdekatan.