Strategi mengajar guru pendidikan agama Islam dalam membentuk disiplin belajar siswa di SD Negeri Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Nasution, Isro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3188/1/13%20310%200054.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3188/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh disiplin belajar peserta didik masih kurang seperti masih banyak siswa yang bercanda gurau dengan temannya, tidur, mengobrol saat proses pembelajaran belangsung. Guru kurang mampu menata situasi dan kondisi siswa serta tindakan yang dilakukan dalam pembelajaran. Kurang kemampuan guru dalam mengkoneksikan nilai materi pembelajaran untuk menciptakan disiplin siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Disiplin belajar siswa di SD Negeri Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas?. Bagaimana strategi mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk disiplin belajar siswa di SD Negeri Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas?. Apa saja kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Disiplin belajar siswa di SD Negeri Bongbongan Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas?. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Pendidikan Agama Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Guru Pendidikan Agama islam, membentuk disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru PAI, dengan pelengkap kepala sekolah, dan siswa-siswi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah menelaah seluruh data, kemudian menafsirkan data, selanjutnya membuat kesimpulan dengan merangkum urain dalam kalimat yang singkat dan padat. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Disiplin belajar siswa di SDN Bongbongan Kec. Huristak Kab. Padanglawas adalah siswa datang dengan tepat waktu dan hanya sedikit yang terlambat, siswa yang membawa jajan ke ruangan, bercerita dengan teman sebangkunya, siswa masih ribut terutama waktu guru memberikan pelajaran dengan metode ceramah. 2) Strategi mengajar guru pendidikan agama islam dalam membentuk disiplin belajar siswa di SDN Bongbongan Kec. Huristak Kab. Padanglawas adalah penekanan atau pemaksaan, metode pembiasaan, memberikan nasehat, memberikan motivasi. 3)Kendala yang dihadapi guru pendidikan agama islam dalam membentuk disiplin belajar siswa di SD Negeri Bongbongan Kecamatan Huristak kabupaten Padanglawas adalah kondisi dari awal siswa yang tidak ikhlas dan malas mengikuti kegiatan belajar dan pengaruh dari pergaulan di luar, karakter siswa yang berbeda-beda (heterogen), unsur keterpaksaan siswa, dan pengaruh pergaulan teman sejawat.