Program tahfizd Alquran juz 30 di taman pendidikan Alquran Alhidayah, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan

Main Author: Hasibuan, Ali Hasan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/318/1/14%20201%2000032.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/318/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan kajian terhadap Program Tafizd Alquran Al-hidayah Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Adapun latar belakang masalah pembelajaran tahfizd Alquran merupakan pembelajaran yang sudah ada sejak zaman nabi muhammad SAW. masa yang paling tepat untuk menghafal adalah masa kanak-kanak. pada masa ini hafalan akan lebih mudah ditangkap dan akan lebih awat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana program tahfizd Alquran di Taman Pendidikan Alquran Al-hidayah Kecamatan Padangsidimpuan Selatan?. Apa faktor pendukung dan penghambat Program Tahfizd Alquran Al-hidayah Kecamatan Padangsidmpuan Selatan? Adapun konsep kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah membahas tentang pengetahuan dasar mengenai Alquran dan program tahfizd Alquran Mengetahuai hasil penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini sebanyak 2 ruangan serta tenaga pendidik yang memiliki keterkaitan dengan masalah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan peneliti berkesimpulan bahwa Program Tahfizd Alquran Juz 30 di Taman Pendidikan Alquran Alhidayah Kecamatan Padangsidmpuan Selatan adalah kurang tepat. Sesuai dengan latar belakang masalah, yaitu masih banyak siswa yang belum bisa mengikuti Program Tahfizd Alquran dengan target yang dicapai oleh setiap siswa. Kendala-kendala yang dihadapi oleh pihak yayasan yang berpengaruh terhadap penerapan Program Tahfizd Alquran adalah masih kurangnya tenaga kependidikan yang profesional khususnya dalam bidang tahfizd Alquran. Hambatanhambatan ini disebabkan kurangnya perhatian