Keteladanan guru dalam pembentukan karakter siswa di MAN 2 model Padangsidimpuan
Main Author: | Hsb, Mhd. Arfandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3139/1/13%20310%200059.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3139/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sosok keteladanan yang dilakukan guru dalam pembentukan karakter siswa, untuk mengetahui karakter siswa siswa, untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala dalam pembentukan karakter siswa,. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran tentang keteladanan guru dalam pembentuka karakter siswa. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan keteladanan guru dalam pembentukan karakter siswa di MAN 2 Model Padangsidimpuan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan keteladanan guru dalam pembentuka karakter. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa (a) karakter siswa di MAN 2 Model Padangsidimpuan dapat dikategorikan menjadi dua yaitu karakter siswa yang berhubungan dengan Allah Swt yaitu berdoa sebelum dan sesudah belajar dan menghapal ayat-ayat pendek, karakter siswa yang berhubungan diri sendiri yaitu jujur, bertanggung jawab, disiplin, ingin tahu. (b) keteladanan guru dalam pembentukan karakter siswa itu denganmenggunakan keteladanan bentuk sengaja yaitu guru membiasakan berjabat tangan dengan siswa sebelum pelaksanaan proses belajar mengajar, menggunakan tutur kata yang sopan dalam perkataan, memberikan nasihat kepada siswa pada saat apel pagi maupun dalam proses belajar mengajar dan keteladanan dalam bentuk sengaja. (c) kendala yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter siswa yaitu kendala yang berhubungan dengan keluarga (kurangnya perhatian orang tua), kendala yang berhubungan dengan diri sendiri (kurangnya minat belajar siswa, siswa tidak konsentrasi dalam belajar) dan kendalayang berhubungan dengan lingkungan (kurangnya kerja sama antar orangtua dan pihak guru). Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa karakter siswa di MAN 2 Model padangsidimpuan sudah terbentuk, dan para guru sudah menerapkan keteladanan dalam pembentukan karakter siswa.