Penerapan metode targhῑb wa tarhῑb dengan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fikih kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan

Main Author: W.G, Nur Mawaddah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3137/1/15%20201%2000041.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3137/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi karena kegiatan belajar mengajar Fikih di MTsN 2 Padangsidimpuan yang terlalu monoton dan kurang menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian yang dapat meningkatkan hasil belajar Fikih. Metode targhῑb wa tarhῑb dengan media audiovisual peneliti pilih untuk meningkatkan hasil belajar Fikih siswa kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan metode targhῑb wa tarhῑb dengan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran empiris tentang penerapan metode targhῑb wa tarhῑb dengan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 dengan jumlah 34 orang Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan instrument pengumpulan data observasi, dan tes. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa penerapan metode targhῑb wa tarhῑb dengan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 58,82%, siklus II 70,58%, dan siklus III 85,29%. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus.