Keterampilan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menggunakan metode baca Al-Qur’an siswa SD Negeri Simanosor Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah

Main Author: Sitompul, Arni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3132/1/13%20310%200043.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3132/
Daftar Isi:
  • Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menggunakan metode baca al-Qur’an siswa SD Negeri Simanosor Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keterampilan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menggunakan metode baca al-Qur’an siswa SD Negeri Simanosor Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah, Apa saja kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam keterampilan menggunakan metode baca al-Qur’an siswa SD Negeri Simanosor, Apa upaya guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam keterampilan menggunakan metode baca alQur’an siswa SD Negeri Simanosor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menggunakan metode baca al-Qur’an siswa SD Negeri Simanosor Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah, serta kendala yang dihadapi dalam keterampilan menggunakan metode baca al-Qur’an siswa SD Negeri Simanosor Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah, dan upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam keterampilan menggunakan metode baca al-Qur’an. Penelitian ini membahas tentang keterampilan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menggunakan metode baca al-Qur’an, dan pendekatan yang dilakukan dengan teori-teori mengenai pengertian keterampilan, pengertian pendidikan, tugas dan tanggung jawab guru pendidikan agama Islam, persyaratan guru pendidikan agama Islam, pengertian baca al-Qur’an, metode pengajaran al-Qur’an, keberhasilan belajar baca al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan mengamati fenomena disekitarnya. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dalam keterampilan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam menggunakan metode baca al-Qur’an siswa SD Negeri Simanosor Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah kurang baik, dikarenakan guru pendidikan agama Islam belum sepenuhnya menerapkan bagaimana sebenarnya keterampilan dalam menggunakan metode, dan guru hanya dapat menyuruh peserta didiknya dengan membaca tanpa menjelaskan isi kandungan yang terdapat dalam bacaan tersebut. Adapun upaya guru pendidikan agama Islam dalam keterampilan menggunakan metode baca al-Qur’an adalah mengajarkan cara membaca huruf hijaiyyah, mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuannya, dan berusaha menerapkan metode yang tepat dalam baca al-Qur’an.