Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladanai ketaatan Malaikat-Malaikat Allah Swt Kelas VII di SMP N 1 Batang Angkola

Main Author: Samsidar, Samsidar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3126/1/15%20201%2000172.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3126/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dari proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Batang Angkola masih di dominasi oleh guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik. Untuk itu perlu diberikan suatu pendekatan pembelajaran yang kemudian dapat menunjang hasil belajar peserta didik agar lebih baik. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui terdapat pengaruh yang signifikan dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar pokok bahasan keneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen, subjek penelitian adalah siswa jelas VII B (sebagai kelas eksperimen) menggunakan metode Group Investigation dan kelas VII C (sebagai kelas kotrol) menggunkan metode ceramah di SMP N 1 Batang Angkola Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar. Soal tes hasil belajar yang digunakan sebanyak 25 soal berbentuk pilihan ganda dan setelah melalui proses uji validitas terdapat 20 soal yang validdengan reliabilitas 0,80 dan termasuk kategori tinggi atau dengan kata lain instrument ini layak digunakan metode statistik uji”t”(uji beda). Untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan konsultasi pada tabel distribusi “t” pada taraf signifikan 0,05. Temuan hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan metode Group Investigation terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thutung > ttabel yaitu 3,02 > 1,992 dengan taraf signifikan 0,05. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan pos test kelas eksprimen yang menggunakan metode Group Investigation (nilai rata-rata 83,34) menunjukkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah (nilai rata-rata 74,42). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode mengajar di Group Investigation berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.