Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi salat di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan
Main Author: | Smj, Imah Handayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3124/1/15%20201%2000139.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3124/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya sumber belajar, metode atau strategi terlalu monoton dan kurang tepat dalam penyampaian materi sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran fikih di kelas berupa pengembangan LKS berbasis kontekstual. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana validitas dan praktikalitas LKS dalam pembelajaran fikih pada materi salat berbasis kontekstual di MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKS dalam pembelajaran fikih pada materi salat berbasis kontekstual di MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Populasi dalam penelian ini adalah siswa kelas VII MTs. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTsN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 39 siswa. Pada instrumen penelitian dilakukan tahap validasi. Validator memberikan penilaian terhadap tingkat kevalidan LKS, sedangkan siswa menilai tingkat kepraktisan LKS berbasis kontekstual yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil penelitian yang didapatkan adalah LKS berbasis kontekstual valid dan parktis. Proses validasi LKS hanya dilakukan satu kali dengan tiga validator yaitu validasi pertama mendapatkan persentase 93,18%, validasi kedua mendapatkan persentase 96,59 dan validasi ketiga mendapatkan persentase 81,81% dengan ratarata persentase 89% dengan kategori “Sangat Valid” dan praktikalitas berdasarkan angket respon siswa dari aspek ketertarikan (90%) , materi (70%), motivasi (85%), dan kepraktisan (86%) dengan memperoleh persentase 81,9% dengan kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian LKS hasil pengembangan dapat digunakan sebagai bahan ajar dan sumber belajar untuk siswa MTs kelas VII.