Pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam pokok bahasan shalat wajib kelas VII SMP Negeri 1 Marancar

Main Author: Samosir, Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3105/1/113100101.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3105/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Marancar. Peneliti mendapatkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dan guru tidak terlalu mengutamakan metode resitasi. Prestasi. Ada siswa yang memiliki nilai bagus dan ada yang tidak. Sebahagian siswa menganggap tugas rumah tidak penting dan sebahagian lagi mengerjakan tugas rumah dengan baik. belajar siswa pada pembelajaran PAI beraneka ragam Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode resitasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pokok bahasan shalat wajib kelas VII SMP Negeri 1 Marancar?. Kemudian yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pokok bahasan shalat wajib kelas VII SMP Negeri 1 Marancar. Penelitian ini adalah penelitian kuantatif deskriptip yang bertujuan untuk menggambarkan ada tidaknya pengaruh antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 73 siswa. Karena populasi di bawah 100 maka peneliti mengambil seluruh populasi dan menjadikan sebagai sampel sehingga penelitian ini adalah penelitian populasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan tes. Angket untuk memperoleh data penggunaan metode resitasi dan tes untuk prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptip dengan uji hipotesisnya dengan menggunakan regresi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan penggunaan metode resitasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam pokok bahasan shalat wajib kelas VII SMP Negeri 1 Marancar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil Fhitung sebesar 15,59. Setelah Fhitung diperoleh kemudian dikonsultasikan ke Ftabel sebesar 3,98. Dengan demikian diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 15,59 > 3,98. Dari hasil pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y yang artinya terdapat pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam pokok bahasan shalat wajib. Dengan kata lain semakin baik penggunaan metode resitasi yang dilakukan maka akan semakin baik prestasi belajar PAI siswa.