Profesionalisme guru matematika di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan

Main Author: Jusrina, Jusrina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3068/1/13%20330%200014.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3068/
Daftar Isi:
  • Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia disebabkan tingkat profesionalisme guru yang tergolong rendah. Beberapa indikator yang menunjukkan rendahnya tingkat profesionalisme guru di Indonesia di antaranya kurangnya penguasaan konsep dari mata pelajaran yang diampu, kurangnya kemahiran dalam mengelola kelas, serta kurangnya kedisiplinan. Faktor yang dapat menyebabkan rendahnya profesionalisme guru antara lain disebabkan oleh masih banyak guru yang tidak menekuni profesinya secara utuh, banyaknya orang yang menjadikan pekerjaan guru sebagai batu loncatan, adanya guru yang mengajar tidak sesuai latar belakang pendidikan yang dimiliki, dan lain sebagainya. Akibat dari kondisi tersebut adalah kualitas pendidikan Indonesia lebih rendah dibanding dengan negara-negara maju lainnya. Berdasarkan latar belakang di atas maka masalah yang ada dalam penelitian ini adalah: bagaimana profesionalisme guru Matematika di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru Matematika di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini dilaksanakan riset lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengolahan dan analisis data yang dilaksanakan dengan cara kualitatif deskriptif. Untuk menjamin keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru Matematika di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini dapat dilihat dari komitmen seorang guru Matematika untuk meningkatkan mutu pendidikan, tanggungjawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan, kemauan dan semangat untuk meningkatkan keprofesionalannya dengan belajar sepanjang hayat, serta bakat, minat dan panggilan jiwa guru Matematika.