Penerapan model pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar faktorisasi bentuk aljabar pada siswa kelas VIII D SMP N 4 Padangsidimpuan

Main Author: Rangkuti, Yusriana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3063/1/12%20330%200089.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3063/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran yang cenderung monoton membuat siswa kurang mengerti dan kurang berminat mengikuti pembelajaran serta siswa merasa jenuh dan bosan dalam pembelajaran di kelas.Maka yang terjadi di kelas adalah sebagian siswa hanyaduduk, diam, mendengarkandanmencatatmateripelajaran yang disampaikanoleh guru tanpa berusaha memahami apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini menjadikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar matematika. Salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Dengan penggunaan model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, karena pembelajaran jadi lebih menarik dan mendorong siswa jadi berani dan mampu menuangkan idenya. Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar faktorisasi bentuk aljabar di kelas SMP N. 4 Padangsidimpuan? , dan tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan hasil belajar faktorisasi bentuk aljabar melalui model pembelajaran Cooperative Script pada kelas .SMP N 4 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat beberapa tahapan kegiatan yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, sampai seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Cooperative Script yang dilakukan, maka yang diperoleh peningkatan hasil belajar faktorisasi bentuk aljabar pada kelas SMP N 4 Padangsidimpuan pada setiap siklus. Hasil penelitian yang membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa adalah sebagai berikut : terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada tes kemampuan awal diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 53,07; rata-rata kelas pada siklus I adalah 70 dan rata-rata kelas siklus II adalah 80,5. Kemudian terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar yaitu terdapat 10 orang yang tuntas dengan persentase 38,5% pada tes kemampuan awal, 17 orang siswa yang tuntas dengan persentase 64,5% pada siklus I, 23 orang siswa yang tuntas dengan persentase 88,5% pada siklus ke- II.