Perbandingan nilai hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam berdasarkan latar belakang pendidikan siswa di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Main Author: Wahyuni, Atika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3050/1/1520100019.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3050/
Daftar Isi:
  • Penelitian dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah siswa dengan latar belakang Sekolah Dasar daripada siswa dengan latar belakang Madrasah Ibtidaiyah di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan sehingga ini akan menimbulkan pertanyaan apakah nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang berlatar belakang Madrasah Ibtidaiyah menurun dan nilai hasil belajar siswa latar belakang Sekolah Dasar jauh lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana nilai hasil belajar pendidikan agama Islam siswa latar belakang Madrasah Ibtidaiyah di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Bagaimana nilai hasil belajar pendidikan agama Islam siswa latar belakang Sekolah Dasar. Bagaimana perbandingan nilai hasil belajar siswa latar belakang Madrasah Ibtidaiyah dan siswa latar belakang Sekolah Dasar di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai hasil belajar siswa latar belakang Madrasah Ibtidaiyah. Untuk mengetahui nilai hasil belajar siswa latar belakang Sekolah Dasar. Untuk Mengetahui perbandingan nilai hasil belajar siswa latar belakang Madrasah Ibtidaiyah dan siswa latar belakang Sekolah Dasar di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, Komparasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, dengan jumlah populasi 273 siswa. Sampel yang di ambil adalah 18 siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan 18 siswa lulusan Sekolah Dasar. Analisis yang digunakan adalah analisis komparasi dengan tekhnik analisis “t” test untuk menyatakan adanya perbedaan nilai hasil belajar pendidikan agama Islam antara siswa lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini adalah menggunakan rumus (uji t), nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa berlatar belakang Madrasah Ibtidaiyah adalah 90,6666. nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa berlatar belakang Sekolah Dasar adalah 88,6666, dan diperoleh hasil T tes sebesar 1,2792, pada taraf signifikansi 5%: tt= 0,3291, pada taraf signifikansi 1%: tt= 0,2785. Dengan demikian to adalah jauh lebih besar daripada tt yaitu: 0,2785<1,2792>0,3291. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya hipotesis menyatakan bahwa terdapat perbedaan nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan dengan siswa berdasarkan latar belakang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di terima atau ada perbandingan. Kata Kunci: Perbandingan, Nilai Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Siswa