Kualitas bacaan al-qur`an siswa di madrasah tsanawiyah swasta Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Main Author: Rahayu, Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3042/1/1420100019.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3042/
Daftar Isi:
  • Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas bacaan al-Qur`an siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ansor Manunggang Julu dan apa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas bacaan al-Quran siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ansor Manunggang Julu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas bacaan al- Quran siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ansor Manunggang Julu dan untuk mengetahui apa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas bacaan al- Quran siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ansor Manunggang Julu. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, sumber datanya adalah siswa, guru al-Qur`an, dan pembina asrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode deskriptif. Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas bacaan al-Qur`an siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ansor Manunggang Julu dikategorikan baik, dengan nilai rata-rata 70-79 sesuai dengan kategorisasi penilaian yang tertera pada tabel. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas bacaan al- Qur`an siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Ansor Manunggang Julu yaitu menyuruh siswa membaca al-Qur`an setiap hari yaitu setiap selesai sholat maghrib dan subuh, ikut serta membimbing siswa ketika membaca al-Qur`an, menggunakan metode pembelajaran al-Quran yang relevan, menambah waktu jam pelajaran al- Qur`an, menarik minat dan perhatian siswa terhadap proses pembelajaran yaitu dengan cara menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses mengajar agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan tercapai dan berhasil, dan selalu memotivasi siswa untuk selalu rajin membaca al-Quran.