Faktor penyebab rendahnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa SDN 112256 Desa Sabungan Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan
Main Author: | Nuryanti, Hari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3018/1/11%20310%200239.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3018/ |
Daftar Isi:
- Pentingnya mengajarkan baca tulis Al-Qur’an bagi siswa/i Sekolah Dasar agar mereka mampu menjadi insan yang berguna bagi orang lain dan agamanya. Dalam hal ini Sekolah Dasar yang diteliti adalah Sekolah Dasar Negeri 112256 Desa Sabungan Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah berawal dari rendahnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa sekolah dasar negeri 112256 yang disebabkan beberapa faktor baik intern maupun extern. Untuk itu peneliti merasa perlu untuk meneliti tentang “Faktor penyebab rendahnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa Sekolah Dasar Negeri 112256 Desa Sabungan Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan baca tulis Al-Qur’an siswa Sekolah Dasar Negeri 112256 Desa Sabungan dan apa saja faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa Sekolah Dasar Negeri 112256 Desa Sabungan kemudian solusi apa saja yang dapat diberikan kepada siswa Sekolah Dasar Negeri 112256 Desa sabungan. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi tentang bagaimana pelaksanaan baca tulis Al-Qur’an siswa Sekolah Dasar Negeri 112256 Desa Sabungan dan apa saja faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa Sekolah Dasar Negeri 112256 Desa Sabungan kemudian untuk mengetahui solusi apa saja yang dapat diberikan kepada siswa Sekolah Dasar Negeri 112256 Desa Sabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati penomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan masih rendahnya kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa Sekolah Dasar Negeri 112256 Desa Sabungan, yang disebabkan oleh faktor extern ; guru yang kurang berpengalaman, , kurang motivasi dari orang tuanya untuk belajar baca tulis Al-Qur’an, serta kurangnya latihan di rumah. Faktor intern; peserta didik kurang minat dalam belajar dan kurang konsentrasi, siswa juga kurang memahami metode pembelajaran yang digunakan guru.