Analisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian smartphone samsung galaxy series (studi kasus mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan)

Main Author: Aini, Syarifah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3011/2/14%20402%2000178.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3011/
Daftar Isi:
  • Banyak mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan yang memutuskan membelismartphone Samsung Galaxy Series. Padahal banyak smartphone merek lain yang beredar di kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa. Meskipun penjualan smartphone Samsung Galaxy Series meningkat, namun pangsa pasarnya mengalami penurunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah harga, citra merek dan kualitas produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung Galaxy Series? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung Galaxy Series. Kegunaan penelitian adalah untuk menambah pengetahuan dan sebagai acuan serta referensi dalam penulisan karya ilmiah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan harga, citra merek, kualitas produk dan keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 73 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar (uji normalitas dan linieritas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas), uji regresi linier berganda, uji hipotesis yaitu uji koefisien determinasi adjusted (R square), uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F), serta dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian secara parsial (uji t) adalah harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung Galaxy Series, yang dibuktikan dengan -ttabel < thitung < ttabel (-1,667 < -0,683 < 1,667). Citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung Galaxy Series, yang dibuktikan thitung > ttabel (1,854 > 1,667). Kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung Galxy Series, yang dibuktikan dengan thitung > ttabel (4,298 > 1,661). Secara simultan, harga, citra merek dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung Galaxy Series, yang dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (11,771 > 2,16). Adjusted R2 sebesar 31% variabel harga, citra merek dan kualitas produk memengaruhi variabel keputusan pembelian smartphone Samsung Galaxy Series, dan sisanya sebesar 69% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.