Peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan project based learning pada materi kubus dan balok di kelas VIII3 SMP Negeri 1 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan
Main Author: | Hasibuan, Andriani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3007/1/14%20202%2000079.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3007/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode konvensional atau saat proses pembelajaran berpusat kepada guru. Sedangkan siswa hanya mendengarkan saja sehingga siswa merasa jenuh, mengantuk dan merasa bosan. Kemudian banyak siswa yang tidak biasa menjawab soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan guru. Untuk itu peneliti mencoba mencari model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran project based learning Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dalam materi kubus dan Balok di kelas VIII3 SMP Negeri 1 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan,dengan subjek penelitian kelas VIII3 yang berjumlah 30 orang. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data kualitatif. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar pada siklus pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 54,90 dengan presentase ketuntasan 33,33%. Pada siklus I pertemuan II nilai rarta-rata 66,5 dengan presentase ketuntasan53,33%. Hasil belajar pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 68,40 dengan presentase ketuntasan 63,33%. Hasil belajar pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata 71,6 dengan prentase ketuntasan 76,66% menunjukkan hasil belajar siswa tinggi