Upaya guru PAI dalam meningkatkan baca tulis Alquran siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Sosopan Kabupaten Padang Lawas

Main Author: Nasution, Nur Jannah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3004/1/12%20310%200195.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3004/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis alquran di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas, apa upaya guru PAI dalam meningkatkan baca tulis alquran di Tsanawiyah Al-Muttaqin Sosopan dan apa kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan baca tulis alquran di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Sosopan kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tuli alquran di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas, untuk mengetahui apa upaya guru PAI dalam meningkatkan baca tulis alquran dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan baca tulis alquran. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kualitatif deskriptif, yang dimaksud dengan penelitian ini adalah penelitian yang di tempuh dengan mengamati keadaan sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Adapun sumber data penelitian ini adalah kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Sosopan dan guru-guru PAI Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Sosopan dan peserta didiknya, untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, dilaksanakan riset lapangan dengan menggunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari observasi,dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pembelajaran baca tulis alquran di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas dengan cara mengajarkan siswa melafalkan huruf hijaiyah, tanda baca mad, tanwin dan tajwid dengan menggunakan metode iqra, amma, al-hira, bada’dadiyah. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan baca tulis alquran di Madarasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas adalah mengajarkan cara menghafal huruf hijaiyah, tajwid dan cara melagukan alquran, selanjutnya mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuannya, dan memberikan pembelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, memperbanyak latihan menulis aksara arab, mengajarkan tata cara menulis Khat alquran dan menumbuhkan minat belajar siswa. Kendala yang dihadapi guru dalam peningkatan baca tulis alquran di Madrasah Al-Muttaqin Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas adalah kurangnya kemampuan dasar siswa dalam membaca, menulis alquran, minimnya waktu belajar, kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, serta kurangnya fasilitas belajar. Hasil penelitian ini, penulis melihat bahwa masih banyak siswa yang belum mampu membaca, dan menulis huruf hijaiyah dengan baik.