Pengaruh pemberian hadiah (reward) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas IV SD N 200114 Padangsidimpuan

Main Author: Halimatussyadiyah, Halimatussyadiyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2960/1/13%20330%200008.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2960/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemauan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika di kelas IV SD N 200114 Padangsidimpuan pada materi bangun datar. Salah satu penyebabnya adalah penyampaian materi yang kurang menarik atau guru tidak menggunakan metode yang tepat maupun alat bantu yang mendukung proses pembelajaran, sehingga menyebabkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti peroses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif signifikan dengan pemberian hadiah (reward) terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas IV SD N 200114 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu matematika. Sehubungan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan hadiah (reward) dan hasil belajar metematika. Aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksprimen, dengan desain Classical Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 200114 Padangsidimpuan yang berjumlah 74 siswa. Penentuan sampel dengan non probability sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas IVA sebagai kelas eksprimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri atas 38 dan 36 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Dari penelitian yang dilaksanakan hasil yang telah diperoleh dapat diketahui bahwa pengaruh pembelajaran dengan pemberian reward nilai rata-rata posttest kelas eksprimen yaitu 81,18 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 68,06 dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 5,260 > ttabel = 1,993. Ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dengan pemberian reward terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas IV SD N 200114 Padangsidimpuan.