Pengaruh bagi hasil dan iklan terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan Ib muamalat rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Susi Susanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2926/1/13%20220%200173.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2926/
Daftar Isi:
  • Tabungan iB Muamalat Rencana merupakan tabungan berjangka untuk perencanaan keuangan masa depan. Tabungan ini menggunakan system mudharabah muthlaqah. Banyak manfaat yang bias diperoleh oleh nasabah yang menggunakan tabungan ini tetapi keputusan nasabah untuk menggunakannya sedikit dibandingkan dengan tabungan lain. Untuk itu, peneliti tertarik ingin meninjau lebih dalam lagi tentang tabungan ini yang dimuat dalam rumusan masalah tentang Pengaruh Bagi Hasil dan Iklan terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Tabungan iB Muamalat Rencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bagi Hasil dan Iklan secara parsial maupun secara bersama- sama (simultan) terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Tabungan iB Muamalat Rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan. Populasi penelitian ini adalah 205 nasabah aktif pada PT. Bank Muamalat Tbk. Cabang Padangsidimpuan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling sebanyak 31 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi sebanyak 22 item pertanyaan yang dinilai dengan skala Likert 1-5 dan diuji validitas serta reliabilitasnya. Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data untuk menjawab hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis regresi pada taraf signifikan 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Bagi Hasil terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Tabungan iB Muamalat Rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan dengan koefisien regresi t hitung> t tabel (3,079 > 2,048) dan tingkat signifikansi<α (0.005>0.05). (2) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan iklan terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Tabungan iB Muamalat Rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan dengan koefisien regresi t hitung< t tabel (0,129 <2,048) dan tingkat signifikansi<α (0,899>0,05). (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan BagiHasil, iklan secara ersama-sama terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Tabungan iB Muamalat Rencana pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan dengan koefisien regresi F hitung> F tabel (5,090 > 3,34) dan tingkat signifikansi>α (0,013<0,05). Dan hasil uji hipotesis yang dilakukan, Rsquere sebesar 0,265. Artinya 26,5% keputusan nasabah menggunakan tabungan iB Muamalat Rencana dipengaruhi oleh bagi hasil dan iklan, sedangkan 73,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi.