Kesiapan guru Akidah Akhlāk dalam mengimplementasikan penilaian autentik di MAN 2 Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Nurhelila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2925/1/1623100135.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2925/
Daftar Isi:
  • Penilaian pembelajaran dikatakan bermutu dan berkualitas jika penilaian pembelajaran berlangsung sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan dalam Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan pada setiap satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru Akidah Akhlāk dalam merencanakan, melaksanakan, dan menindaklanjuti penilaian autentik di MAN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan analisis data secara kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif evaluatif yang berupaya mendeskripsikan dan menilai kesiapan guru Akidah Akhlāk dalam mengimplementasikan penilaian autentik di MAN 2 Padangsidimpuan. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa (1) Guru Akidah Akhlāk di MAN 2 Padangsidimpuan telah siap dalam merencanakan penilaian autentik sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada, berdasarkan hasil workshop, MGMP, pendidikan dan pelatihan, dll. (2) Guru Akidah Akhlāk di MAN 2 Padangsidimpuan telah siap dalam melaksanakan penilaian autentik sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada, yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Meskipun dalam beberapa poin masih menjadi bahan evaluasi agar pelaksanaannya ke depan semakin baik. (3) Guru Akidah Akhlāk di MAN 2 Padangsidimpuan telah siap dalam menindaklanjuti penilaian autentik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan baik dan benar, meskipun tentunya masih dibutuhkan upaya berkelanjutan dari guru untuk meningkatkan kualitas tindaklanjut pada masa yang akan datang.