Kesiapan guru matematika dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di MAN 1 Padangsidimpuan
Main Author: | Pardosi, Munawirul Umam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2916/1/1520200032.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2916/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi dengan aturan Permenpan dan Reformasi Birokrasi nomor Per/16/M.PAN-RB/11/2009 tanggal 10 November 2009 tentang kewajiban guru melaksanakan penelitian tindakan kelas sebagai persyaratan kenaikan pangkat/golongan. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi peneliti bagaimana kesiapan guru matematika dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di MAN 1 Padangsidimpuan dan hambatan-hambatan yang dihadapi guru matematika dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di MAN 1 Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesiapan yaitu kesiapan fisik dan psikis guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru matematika dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di MAN 1 Padangsidimpuan dan hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi guru matematika dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan mengintegrasikan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti dengan apa adanya, sumber data dalam penelitian ini adalah guru-guru matematika khususnya dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum di MAN 1 Padangsidimpuan. Instumen pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangakan analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan logika ilmiah. Setelah penelitian ini dilaksanakan dapat diketahui bahwa kesiapan guru matematika dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di MAN 1 Padangsidimpuan sudah baik. Dari data yang diperoleh ada 9 guru matematika di MAN 1 Padangsidimpuan, 6 di antaranya sudah melakukan penelitian tindakan kelas. Dari kesiapan guru-guru matematika tersebut sudah baik, ini dilihat dari minat guru yang besar untuk mengikuti pelatihan penelitian tindakan kelas, membaca referensi tentang penelitian tindakan kelas baik berupa buku maupun dari jurnal di internet serta berdiskusi dengan teman seprofesi. Kesiapan guru matematika dalam melaksanak