Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Sahriana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2914/1/1420200117.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2914/
Daftar Isi:
  • Kesulitan belajar matematika peserta didik dikatakan sebagai suatu kondisi dalam pembelajaran yang ditandai dengan adanya hambatanhambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar matematika sesuai potensi atau kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Hambatan itu dapat bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan? 2) bagaimanakah upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menceritakan suatu keadaan untuk mengambil suatu kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data skunder, dan responden dari penelitian ini adalah peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika dan guru matematika kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Instrument penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) faktorfaktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika berasal dari faktor eksternal dan internal, faktor eksternal peserta didik yaitu kesiapan peserta didik untuk belajar, minat, motivasi, yang bersifat psikomotorik. Faktor internal siswa yaitu lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah. 2) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada peserta didik kelas VIII antar lain: memberi penguatan, melalui bimbingan belajar kelompok, membantui peserta didik dalam proses pembelajaran, mengidentifikasi tingkah laku peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika, mengadakan program perbaikan(remedial).