Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap produk Qardh pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan

Main Author: Sari, Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2907/1/13%20220%200074.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2907/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat masyarakat dalam menggunakan produk Qardh beragun emas di PT. Bank Sumut KCPSy Panyabungan, hal ini disebabkan karena kurangnya promosi yang dilakukan oleh pihak bank, adanya komplain nasabah terhadap pelayanan, serta rendahnya nilai taksiran yang diberikan oleh PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh promosi, pelayanan dan nilai taksiran terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk Qardh beragun emas di PT. Bank Sumut KCPSy Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, pelayanan dan nilai taksiran terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk Qardh beragun emas di PT. Bank Sumut KCPSy Panyabungan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang manajemen pemasaran bank. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang minat, promosi, pelayanan, dan nilai taksiran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 61 nasabah dengan teknik sampling jenuh. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji koefisien determinasi (R2), uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji analisis regresi linear berganda Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial promosi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai thitung < ttabel (0,103 < 2,001), untuk variabel pelayanan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (21,062 > 2,001), dan untuk variabel nilai taksiran secara parsial juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (2,338 > 2,001). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi promosi, pelayanan dan nilai taksiran mampu mempengaruhi minat nasabah sebesar 96,8% sedangkan 3,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.