Pengaruh pola pendidikan keluarga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Angkola

Main Author: Hannum, Efrida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2899/1/133300086.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2899/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, khususnya mata pelajaran Matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya keterlibatan orangtua dalam membimbing dan mengevaluasi anaknya dalam pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pola pendidikan keluarga terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola pendidikan keluarga terhadap hasil belajar Matematika siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode ex post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 110 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional random sampling. Dengan demikian sampel penelitian sebanyak 25 siswa. Untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan instrumen angket dengan skala Likert dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi (product moment), dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan pola pendidikan keluarga terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Dimana rhitung sebesar 0,450 > rtabel sebesar 0,396, (pada taraf kesalahan ditetapkan 5% dan N = 25, ternyata rhitung > rtabel (0,493 > 0,396). Sumbangan variable X terhadap variable Y 0,20 atau 20% dan sisanya 80% ditentukan oleh faktor lain dalam analisis ini, serta untuk melihat kesignifikannya dilihat dengan menggunakan uji t diperoleh berarti thitung > ttabel, ttabel = 1,708 dan thitung = 2,536. Sedangkan untuk memprediksi kenaikan yang disebabkan oleh variable X terhadap variable Y dilihat dari persamaan regresi linier yaitu Y = 29,38 + 0,58X. Persamaan regresi Y atas X tersebut menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu unit X akan mengakibatkan 0,58 unit kenaikan Y. Untuk keberartian regresi diuji dengan uji F, dimana Fhitung yang diperoleh sebesar 6,399 sedangkan untuk Ftabel sebesar 4,24 berarti Fhitung > Ftabel, sehingga analisis regresi tersebut berarti atau signifikan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pola pendidikan keluarga terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Angkola.