Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui tutor sebaya pada materi trigonometri di kelas XI MIA-3 MAN Sipirok Tapanuli Selatan
Main Author: | Siregar, Riska Hotmaida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2871/1/13%20330%200029.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2871/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran di dalam kelas. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih konvensional, dan menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa dapat digunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya yang mengharuskan siswa lebih aktif, kritis selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Trigonometri dengan menggunakan metode pembelajaran Tutor Sebaya di kelas XI MIA-3 MAN Sipirok. Melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya diharapkan pembelajaran lebih aktif dan bermakna bagi siswa sihingga pada akhirnya akan mampu memberikan dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan ialah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan 2 siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi), dan Refleksi (Reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIA-3 MAN Sipirok tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 37 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Tutor Sebaya yang dilakukan mampu memperoleh peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok bahasan Trigonometri di kelas XI MIA-3 MAN Sipirok pada setiap siklus peningkatan keterampilan berpikir kritis terjadi pada keseluruhann berpikir kritis, sehingga diperoleh hasil peningkatan berpikir kritis siswa dari siklus I pertemuan I dari 51,35% menjadi 62,16% siklus I pertemuan II dan siklus II pertemuan I dari 75,68% menjadi 86,48% siklus II pertemuan II. Dengan demikian keterampilan berpikir kritis siswa di kelas XI MIA-3 MAN Sipirok yang dicapai melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya sudah mencapai persentase paling tinggi dalam penelitian ini yaitu 86,48%