Perbandingan hasil belajar menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII MTs.N Batang Angkola

Main Author: Fauziah, Fauziah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2862/1/12%20330%200098.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2862/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitia ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Fungsi siswa kelas VIII MTs.N Batang Angkola. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara Menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan fungsi di Kelas VIII MTs.N Batan Angkola Berdasarkan rumusan masalah diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan fungsi di Kelas VIII MTs.N Batang Angkola. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Eksprimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.N Batang Angkola yang berjumlah 192 orang, yang terdiri dari 5 kelas yaitu VIII1, VIII2, VIII3, VIII4, dan VIII5. Sedangkan sampel terdiri dari 2 kelas dengan teknik sampel secara Cluster Sampling yaitu kelas eksprimen VIII2 dan kelas eksprimen VIII5 dengan jumlah siswa masing-masing 40 dan 38 orang. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan berganda. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji F dan uji t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan berdasarkan nilai mean kedua model ini mempunyai perbedaan. Mean untuk kelas eksprimen dengan pendekatan contekstual teaching and learning (CTL) 63,8, sedangkan untuk kelas eksprimen dengan perlakuan pendekatan pendidikan matematika realistik 62,23. Tetapi setelah perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 0,760, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% = 1,98, sehingga didapatkan thitung < ttabel (0,760 < 1,98) artinya hipotesis yang diterima adalah H0 yaitu tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kelas eksprimen menggunakan pendekatan contekstual teaching and learning dengan pendekatan pendidikan matematika realistik pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII MTs.N Batang Angkola.