Implementasi model pembelajaran tematik-integratif pada pembelajaran matematika di SD Negeri 101116 Desa Bange Kecamatan Sayur Matinggi

Main Author: Marbun, Daimi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2851/1/12%20330%200008.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2851/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran tematik-integratif pada pembelajaran matematika di SD Negeri 101116 Bange Kecamatan Sayur Matinggi karena masih ada guru yang sulit untuk menerapkan pembelajaran tematik pada pembelajaran matematika dan masih ada guru yang belum menguasai atau memahami pembelajaran tematik integratif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi model pembelajaran tematik-integratif pada pembelajaran matematika, dan apa kendala yang dihadapi oleh guru, dan apa upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran tematik-integratif pada pembelajaran matematika, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran tematik pada pembelajaran matematika. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang dilakukan adalah sumber data primer dan sekunder. Maka yang menjadi sumber data primer adalah guru kelas 1, 2 dan 3. Sedangkan yang menjadi sumber data sekunder adalah kepala sekolah dan siswa kelas 2 dan 3. Hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran tematik pada pembelajaran matematika di SD Negeri 101116 Bange terlaksana meskipun belum maksimal, hal ini karena masih sering berjalan secara semi tematik dan terkadang pelaksanaannya masih secara konvesional karena masih sering terjadi pelaksanaan pembelajaran secara permata pelajaran, dan kendala yang dihadapi guru yaitu membuat RPP terkadang masih sulit dalam menjabarkan tema pembelajaran yang memasukkan berbagai materi mata pelajaran kedalam satu tema dan waktu yang sedikit akan sulit bagi guru untuk merumuskan berbagai mata pelajaran dalam satu tema apalagi pada pembelajaran matematika begitu juga sarana prasarana yang sangat minim, dan upaya yang dilakukan guru adalah mengikuti bimbingan teknis pembelajaran tematik yang dilakukan oleh dinas pendidikan setempat, yaitu dinas pendidikan kabupaten tapanuli selatan, dan guru juga menerapkan pembelajaran tematik dengan menggunakan banyak metode dalam pembelajaran dan membuat tema dengan mengaitkan pembelajaran yang satu dengan pembelajaran yang lainnya.