Penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMPN 4 Batang Natal Satu Atap

Main Author: Hasibuan, Ummi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2850/1/12%20330%200133.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2850/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran Matematika di kelas VIII SMPN 4 Batang Natal Satu Atap menunjukkan masih banyak siswa yang kurang aktif, kurang memperhatikan, kurang memahami dan kurang berminat dalam belajar Matematika. Inilah di antara penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMPN 4 Batang Natal Satu Atap. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu solusinya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray (dua tinggal dua tamu), dengan tujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMPN 4 Batang Natal Satu Atap. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Batang Natal Satu Atap. Dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2016-2017 yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 22 orang. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran two stay two stray pada siklus I pertemuan ke-I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah yaitu rata-rata kelas 67,27 kemudian pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 73,8 Peningkatan ini masih jauh dari apa yang diharapkan sehingga penelitian ini harus dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II pertemuan ke-1, hasil belajar siswa menjadi 80,6. Kemudian pada pertemuan ke-2 yaitu 82,5. Sedangkan hasil tes pada siklus I pertemuan ke-1 dengan ketuntasan klasikal 41%, pertemuan ke-2 meningkat yaitu 55%. Dan pada siklus II pertemuan ke-1 dengan ketuntasan klasikal 68% Meningkat pada pertemuan ke-2 yaitu 86%. Berdasarkan hasil observasi dan tes dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran two stay two stray berhasil dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar di kelas VIII SMPN 4 Batang Natal Satu Atap. Dengan demikian hipotesis tindakan diterima