Pengaruh kemasan, label halal dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah pada mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah angkatan tahun 2017 Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan

Main Author: Nasution, Yohana Rizky Nindari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2848/1/15%20402%2000121.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2848/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis kosmetik yang dewasa ini bergerak dengan cepat, sehingga berdampak pada maraknya peredaran berbagai macam jenis kosmetik. Namun semakin berkembangnya bisnis kosmetik, telah banyak ditemukan kosmetik berbahaya yang beredar luas di pasaran. Maka sebagai Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang identik dengan penampilan menarik yang bertujuan untuk menghadapi dunia kerja, tentunya memiliki pertimbangan tertentu dalam melakukan pembelian terhadap produk kosmetik. Sebagai mahasiswi yang telah dibekali dengan pengetahuan yang luas tentunya lebih berhati-hati dalam memilih produk kosmetik dengan mempertimbangkan manfaat yang diperoleh dan keamanan produk yang bisa dilihat melalui atribut produk itu sendiri. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang Ilmu Manajemen Pemasaran. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan data primer. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jumlah sampel 69 responden Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji koefisien determinasi pengaruh variabel kemasan, label halal dan citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 0,213 atau (21,3%) sedangkan sisanya sebesar 0,787 atau (78,7 %) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Dan secara parsial kemasan tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung < ttabel (-0,471 < 1,669), label halal mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung >ttabel (3,046 > 1,669), dan citra merek tidak mempunya pengaru dengan nilai thitung <ttabel (-1,936<1,669). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa variabel kemasan, label halal dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung > Ftabel = 5,859 > 2,17.