Implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam eningkatkan minat dan hasil belajar akidah-akhlak siswa Kelas VIII MTs Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal

Main Author: Nurazizah, Nurazizah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2811/1/1523100103.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2811/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Akidah-Akhlak sangat penting untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan serta budi pekerti peserta didik. Untuk itu, minat dan hasil belajar siswa harus ditingkatkan dalam pelaksaan pembelajaran Akidah-Akhlak. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa adalah strategi pembelajaran everyone is a teacher here (setiap orang menjadi guru). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here dalam peningkatan minat dan hasil belajar Akidah-Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis yang digunakan adalah eksperimental dengan model Kurt Lewin yaitu penelitian tindakan yang terdiri dalam empat komponen pokok yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Panyabungan tahun ajaran 2016-2017 berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada mata pelajaran Akidah-Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal dilakukan dengan mengaktifkan siswa untuk membuat soal berdasarkan materi yang diberikan, kemudian dibagikan dengan mengacak soal dan meminta siswa bergantian menjawab soal yang diterima. Siswa lain diberikan kesempatan untuk menanggapi jawaban temannya. Dengan demikian minat siswa dalam pembelajaran meningkat. 2) Peningkatan minat belajar siswa melalui implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada mata pelajaran Akidah-Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Nata Minat positif mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan pertama 52% dan 63% pada pertemuan kedua, mengalami kenaikan pada siklus II pada pertemuan pertama menjadi 75 % dan 80% pada pertemuan kedua. 3) Peningkatan basil belajar siswa melalui implementasi strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada mata pelajaran Akidah-Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal bahwa rata-rata nilai siswa pada siklus I pertemuan pertama 65 dan pada pertemuan kedua 75 meningkat menjadi rata-rata nilai 80 pada pertemuan pertama dan 86 pada pertemuan kedua. Dengan demikan hipotesis penelitian dapat diterima.