Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan
Main Author: | Iqlima, Iqlima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2802/1/15%20201%2000010.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2802/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran guru pendidikan agama Islam dalam menbina akhlak siswa di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, seperti halnya banyak guru yang tidak menjalankan perannya sebagai guru terutama dalam membina akhlak yang baik terhadap siswanya, karena masih banyak siswa yang melanggar peraturan sekolah bahkan melawan terhadap guru, suka cabut, dan berkata kotor, malas belajar, dan sering membuat keributan dengan berkelahi dengan temannya,kakak kelas, maupun dengan adik kelasnya dan malas mengerjakan shalat. Itu semua karena kurangnya perhatian dan bimbingan terhadap siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, bagaimana gambaran akhlak siswa SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, apa kendala-kendala dalam membina akhlak siswa SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, dan bagaimana metode dalam membina akhlak siswa SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak siswa di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, peran guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMK Negeri 4 Padangsidmpuan, dan metode dalam membina akhlak siswa SMK Negeri 4 Pangsidimpuan. Jenis penelitian ini kualitatif deksriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Metode analisis kualitatif dalam pengumpulan datanya melalui tiga langkah yaitu reduksi data, deksripsi data, dan menarik kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. ini diperoleh hasil yaitu bahwa akhlak siswa di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan kurang baik seperti siswa yang melanggar peraturan sekolah bahkan melawan terhadap guru, suka cabut, dan berkata kotor, malas belajar, dan sering membuat keributan dengan berkelahi dengan temannya,kakak kelas, maupun dengan adik kelasnya dan malas mengerjakan shalat. Itu semua karena kurangnya perhatian dan bimbingan terhadap siswa.