Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian pada Azdian Water Simangambat
Main Author: | Hidayat, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2787/1/1440200116.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2787/ |
Daftar Isi:
- Keberhasilan suatu usaha tidak hanya dilihat dari seberapa banyak konsumen yang diperoleh namun bagaimana mempertahankan konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya masyarakat di daerah Simangambat memilih dalam pembelian air minum isi ulang di Azdian Water Simangambat, sedangkan masih terdapat depot sejenis yang mempunyai kualitas yang bagus, harga yang lebih murah dibandingkan Azdian Water Simangambat dan tempatnya kawasan pasar, namun keputusan mereka tetap memilih dalam pembelian di Azdian Water Simangambat. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Ekonomi Syariah yaitu Manajemen Bisnis. Sehubungan dengan hal itu, pendekatan yang dilakukan peneliti adalah dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan keputusan konsumen, kualitas produk, harga, dan lokasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 92 responden, pengambilan sampel dengan menggunakan rumus populasi tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling incidental, sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai Adjusted R square sebesar 90,7% menunjukkan variabel kualitas produk, harga dan lokasi, mempengaruhi keputusan konsumen dan sisanya 9,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung > ttabel (10,357 > 1,662). Variabel harga mempunyai pengaruh negatif terhadap keputusan konsumen dengan nilai (1,035 < 1,662). Variabel lokasi mempunyai pengaruh terhadap keputusan kosumen dengan nilai (4,320 > 1,662). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa kualitas produk, harga dan lokasi, mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen dengan nilai Fhitung > Ftabel (298,319 > 2,15).