Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual pada materi puasa di kelas VIII MTsS Hajijah Amalia Sari Lingkungan III Batunadua Julu
Main Author: | Hasibuan, Mariati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2754/1/15%20201%2000150.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2754/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi puasa dikarenakan kurangya guru dalam mengaplikasikan rencana pelaksanaan pembelajaran. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami materi puasa. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang valid dan praktis pada materi puasa di MTs S Hajijah Amalia Sari Lingkungan III Batunadua Julu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada materi puasa di MTs S Hajijah Amalia Sari Lingkungan III Batunadua Julu. Manfaat penelitian ini sebagai masukan atau sumbangan terhadap perancangan rencana pelakanaan pembelajaran piqih, khususnya materi puasa. Penelitian ini berkaitan dengan ilmu Piqih. Sehubungan dengan itu, hal yang dibahas adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, materi Puasa, pendekatan kontekstual, penelitian terdahulu. Jenis penelitian ini adalah jenis R&D dengan menerapkan model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di MTs S Hajijah Amalia Sari dengan subyek ujicoba produk di kelas VIII berjumlah 19 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, RPP, angket dan LAS serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dinyatakan Sangat valid dengan nilai 95 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dinyatakan Sangat praktis dengan nilai 87. Dengan demikian pengembangan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) berbasis kontekstual pada materi puasa, memenuhi aspek validitas dan praktikalitas.