Peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi statistika kelas VIII di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Main Author: Purnamawati, Purnamawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2712/1/15%20202%2000073.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2712/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas komunikasi matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan yang mengalami kesulitan dalam mempersentasikan hasil penyelesaian soal sehingga berakibat terhadap pelaksanaan belajar yang tidak aktif dan kekurang mampuan siswa dalam menyederhanakan, menyelesaikan, mengoperasikan data berdasarkan distribusi data, nilai rata-rata, median, dan modus pada materi statistika. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi statistika di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi statistika kelas VIII di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sampel yang diteliti adalah kelas VIII-4 tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dangan guru matematika. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperolah data yang diperlukan peneliti menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis yang dilakukan menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis statistika sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi statistika di kelas VIII-4 di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat peningkatan kemampuan terjadi pada keseluruhan seperti yang terlihat pada siklus penelitian. Pada siklus I pertemuan 1 jumlah siswa yang tuntas 12 orang dengan persentase ketuntasan 46,15%, kemudian pada pertemuan ke 2 meningkat menjadi 15 orang dengan persentase ketuntasan 57,69%. Lalu dilanjutkan siklus II pada pertemuan 1 jumlah yang tuntas 18 siswa dengan persentase ketuntasan 69,23% dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 23 siswa dengan persentase ketuntasan 88,46%.