Penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vb pada materi pecahan di SD Negeri 200411 Palopat Maria

Main Author: Siregar, Yenni Padila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2710/1/15%20202%2000047.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2710/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi pecahan. Hal ini disebabkan masih banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam proses pembelajaran, system pembelajaran yang digunakan di sekolah masih menggunakan metode konvensional dan kurang bervariasi dalam mengajar sehingga membuat siswa tidak termotivasi dan kurang aktif dalam belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi pecahan melalui model pembelajaran Poblem Based Instuction. Berdasarkan latarbelakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VB SD Negeri 200411 Palopat Maria pada pokok bahasan pecahan? Penelitian ini merupakan Jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Actio Research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri atas empat langkah, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima. Peningkatan hasil belajar Matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada pokok bahasan Pecahan kelas VB SD Negeri 200411 Palopat Maria. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata persentase hasil belajar Matematika siswa, pada pertemuan ke 1 dan 2 persentase ketuntasan klasikal siswa secara berturut-turut sebesar 42,10% dan 57,36%. Sedangkan pada siklus 2 siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan memperoleh hasil 68,42% dan 80,52 %. Hasil penelitian tersebut telah mencapai harapan dalam penelitian ini.