Internalisasi nilai-nilai karakter islam dalam pembelajaran matematika pokok bahasan bilangan bulat kelas VII MTsN 2 Mandailing Natal
Main Author: | Damayanthi, Fatimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2707/1/15%20202%2000026.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2707/ |
Daftar Isi:
- Fenomena yang marak terjadi akhir-akhir ini berkaitan dengan persoalan krisis moral dan karakter anak yang mulai terkikis secara pelahan. Masalah ini akan mengundang berbagai macam masalah yang akan terjadi pada siswa seperti hilangnya etika kemanusiaan yang menerjang dunia pendidikan berupa tawuran pelajar antar sekolah, kecurangan ketika ujian, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan sebagainya. Adapun yang menjadi permasalahan mendasar dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Pelaksanaan Nilai-nilai Karakter Islam dalam proses pembelajaran matematika di kelas VII MTsN 2 Mandailing Natal? (2) Bagaimana proses Internalisasi Nilai-nilai Karakter Islam dalam pembelajaran matematika? (3) Apa saja Nilai-nilai Karakter Islam yang dapat ditumbuhkan dalam pembelajaran matematika? Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan pelaksanaan nilai-nilai karakter Islam dalam proses pembelajaran matematika di kelas VII MTsN 2 Mandailing Natal. (2) Untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai karakter Islam dalam pembelajaran matematika. (3) Untuk mengetahui nilai-nilai karakter Islam yang dapat ditumbuhkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu data penelitian yang dihasilkan berupa data deskriptif yang diperoleh dari data-data berupa tulisan dan dokumen yang berasal dari sumber atau informan yang diteliti dan dapat dipercaya. Kemudian hasil data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi akan di kumpulkan, dianalisis kemudian ditarik kesimpulannya. Dan untuk menguji keabsahannya dilakukan triangulasi data. Internalisasi nilai-nilai karakter Islam dalam pembelajaran matematika direncanakan sesuai dengan RPP yang tercantum. Sedangkan untuk proses internalisasi nilai karakter Islam dalam pembelajaran sudah terlaksana dengan baik walaupun masih ada beberapa nilai karakter yang tidak muncul pada saat pembelajaran. Hal ini terjadi karena adanya penyesuaian kondisi kelas dan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Evaluasi sendiri dilakukan tidak hanya melalui nilai ulangan siswa melainkan dinilai melalui sikap keseharian siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Hasil yang diperoleh dalam internalisasi ini cukup baik meskipun ada beberapa nilai karakter yang belum maksimal.