Pengaruh penggunaan software algebrator terhadap hasil belajar siswa materi pokok sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP NEGERI 2 Padangsidimpuan

Main Author: Skb, Nurul Maulina Khairunnisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2706/1/15%20202%2000044.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2706/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pada saat pembelajaran. Pemakaian media pembelajaran dapat menimbulkan hasil dan pencapaian yang bagus untuk peserta didik, dengan penggunaan media terhadap pembelajaran akan mempengaruhui psikologi terhadap peserta didik. Dengan penggunaan media tersebut guru bisa menarik perhatian para peserta didik sehingga pembelajaran semakin terarah. Salah satu media yang bisa digunakan adalah media pembelajaran Software Algebrator. Aplikasi dari teknologi ini merupakan salah satu bentuk dari media pembelajaran berbasis Ilmu Teknologi (IT) yang berguna sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan keaktifan, kreativitas dan hasil belajar siswa diantaranya media tersebut termasuk salah satunya adalah Software Algebrator, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaan Software Algebrator terhadap hasil belajar siwa materi pokok sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 346. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposif Sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel di kelompok eksperimen yaitu kelas VIII4 sebanyak 32 siswa dan kelompok kontrol VIII5 sebanyak 32 siswa. Kelompok eksperimen diberikan dengan menggunakan media pembelajaran Software Algebrator sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar siswa diambil dengan menggunakan pretest dan posttest dengan tes yang berbentuk essay. Berdasarkan hasil penelitian memiliki data pengujian hipotesis hasil belajar maka hipotesis penelitian dapat diterima terlihat bahwa thitung = 2.896  ttabel = 1,697. Berdasarkan hasil nilai tersebut, maka dapat diambil kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan Software Algebrator terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsimpuan.