Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap pemahaman matematis siswa kelas VII pada materi aritmatika sosial di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan

Main Author: Harahap, Rani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2704/1/15%20202%2000021.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2704/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berhubungan dengan model pembelajaran yang inovatif yaitu suatu proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga berbeda dengan pembelajaran pada umumnya yang dilakukan oleh guru (kovensional). .Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan model pada saat pembelajaran dan rendahnya pemahaman matematis siswa. Pemakaian model pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat menimbulkan pemahaman matematis, membangkitkan motivasi/rangsangan kegiatan belajar, dan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadappeserta didik. Dengan penggunaan model tersebut guru bisa menarik perhatian para peserta didik sehingga pemberian pelajaran pun semakin terarah. Salah satu model yang inovatif yang bisa digunakan adalah model pembelajaran problem posing.Model pembelajaran problem posing ini merupakan salah satu model yang inovatif yang berguna sebagai solusi untuk melihat pengaruh terhadap pemahaman matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap pemahaman matematis siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-7 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitianini, instrument pengumpulan data yang digunakan adalahtes. Teknik analasis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas, dan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing terhadap pemahaman matematis siswa, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi 0.05, hasilnya diperoleh > dengan tarafnyata 5% sehingga 7,2202 > 2,0168. Dengan perbedaan rata-rata pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas ekperimen sebesar 73,13 dan rata-rata kelas control sebesar 67.