Pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII SMP N 1 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Siagian, Siti Fatimah Mahdalena
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2700/1/15%20202%2000038.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2700/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat disebabkan metode yang diguanakan guru kurang variatif dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika. Siswa hanya menggunakan teknik menghapal rumus yang sudah ada akan tetapi tidak dengan memahami konsep dalam penurunan rumus. Sehingga siswa sangat kesulitan ketika guru memberikan soal-soal yang berbeda dengan contoh yang diberikan guru. Rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sampai VII-5 SMP N 1 Sipirok yang berjumlah 155 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu 64 siswa. Sampel di kelas eksperimen (VII-3) yang diberi perlakuan 32 siswa dan kelas control (VII-4) yang tidak diberi perlakuan 32 siswa. Pengelolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 3,07 > ttabel = 1,999, maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh metode Mind Mapping terhadap pemahaman konsep siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII SMP N 1 Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.